Sehebat Apa sih PC atau Laptop Gaming Kamu? Coba Cek di Sini!

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

Era game Crysis 1 yang rilis pada tahun 2007 lalu, bisa dibilang ini adalah kebangkitan bagi para gamer PC. Pasalnya, Crysis 1 saat itu bisa memperlihatkan tampilan grafis yang luar biasa pada sistem PC.

Menjamurnya gamer PC, tentu membuat hardware di pasaran semakin beragam. Hal ini akan berimbas pada PC yang dirakit tiap orang jadi berbeda-beda. Lalu, bagaimana performa dari PCkita sebenarnya? Nah melalui artikel ini, Jaka suguhkan cara cek kemampuan PC atau laptop gaming kamu.


Cara Cek Kemampuan PC atau Laptop Gaming

Perbedaan PC kita dengan orang lain, tentu membuat bingung bagaimana kemampuan PC gaming kita yang sebenarnya? Nah, kalau bicara soal kemampuan, kita bisa melihatnya dari benchmark. Benchmark yang Jaka maksud di sini dibagi dua, yaitu benchmark nilai kemampuan PC, dan benchmark kemampuan PC dalam memainkan game tertentu. Perlu diketahui bahwa kedua cara ini juga bisa kamu pakai untuk laptop.

Benchmark Nilai Kemampuan PC

Benchmark merupakan suatu pengujian dengan memberikan nilai angka pada suatu sistem PC yang nantinya angka ini bisa kamu bandingkan dengan hasil benchmark yang lain. Contohnya, usai dites PC Jaka mendapat nilai 1000, sementara PC kamu saat dites mendapat nilai 1300. Ini berarti sistem PC kamu jauh lebih baik dari punya Jaka.

Untuk melakukan hal ini, kamu butuh sebuah software. Nah, di sini Jaka rekomendasikan dua software gratis, yaitu PCMark atau 3Dmark.

Video: PCMark

PCMark lebih berfungsi untuk mengukur kemampuan semua jenis PC atau laptop, mengukur dari tingkat performa dan efisiensi kerja. Sementara untuk 3DMark lebih berfungsi untuk mengukur kemampuan PC dalam hal grafis terutama bermain game 3D.


Video: 3DMark


Benchmark Kemampuan PC dalam Memainkan Game Tertentu

Sesuai namanya, benchmark ini digunakan untuk mengukur apakah game tertentu bisa dimainkan atau tidak di PC atau laptop gaming. Contohnya, ada sebuah game baru Watchdogs 2, dengan benchmark ini kamu bisa tahu apakah PC atau laptop kamu bisa memainkannya atau tidak.

Untuk benchmark ini, kamu tidak perlu mendowload aplikasi yang besar. Kamu bisa menggunakan salah satu dari dua layanan online, yaitu Canyourunit atau GameDebate.


Foto: CanYouRunIt


Cara menggunakan layanan Canyourunit sangat mudah. Kamu tinggal kunjungi situsnya dan masukkan nama game yang kamu mau mainkan. Aplikasi ini secara otomatis akan mendeteksi sistem PC kamu, dan hasilnya bisa langsung terlihat.


Foto: GameDebate


Sementara untuk layanan GameDebate, kamu cukup kunjungi situsnya, masukkan nama game, data CPU, VGA dan RAM maka hasilnya akan keluar.

Begitulah cara cek kemampuan PC atau laptop gaming kamu. Selamat mencoba!
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Sehebat Apa sih PC atau Laptop Gaming Kamu? Coba Cek di Sini!"

Post a Comment