Robot Kalahkan Manusia! Google DeepMind Baca Gerak Bibir Lebih Akurat

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

SosialTech.blogspot.co.id -- Google dan para peneliti di Oxford University sedang mengembangkan sebuah alat AI (Artificial Intelligece) yang secara signifikan dapat membaca gerak bibir dengan akurat untuk membantu tuna rungu. Project yang disebut LipNet itu menggunakan teknik deep learning, yakni teknologi dari Google DeepMind.

Pada dasarnya, tim melatih AI dengan beragam video yang menunjukkan orang-orang sedang berbicara sehingga AI itu dapat belajar membaca gerak bibir. Menariknya, hasilnya ternyata benar-benar mampu menafsirkan kata-kata bahkan mengalahkan manusia yang ahli dalam membaca gerak bibir.

Google DeepMind Mampu Baca Gerak Bibir Bahkan Kalahkan Manusia
Google DeepMind sendiri adalah perusahaan yang mengembangkan teknologi kecerdasan buatan. Mereka menciptakan jaringan saraf yang belajar memainkan video layaknya manusia dan jaringan saraf yang dapat mengakses memori eksternal layaknya mesin Turing konvensional. Hasilnya adalah sebuah komputer yang mampu meniru ingatan jangka pendek otak manusia.
Dilansir dari Techrepublicdeep learningmemiliki potensi sangat besar. Sebelum ini, AI DeepMind, AlphaGo berhasil mengalahkan pemain Go profesional.
google-deepmind-baca-gerak-bibir-2
Menurut laporan dari New Scientist, dalam percobaan yang mereka lakukan, seorang ahli pembaca bibir hanya mampu menguraikan 12,4 persen. Sedangkan, sistem AI mampu menangkap hingga 46,8 persen.

Selain itu, teknik deep learning juga telah digunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah. Peneliti Google juga mencoba melatih AI membuat enkripsi sendiri.
google-deepmind-baca-gerak-bibir-1
(Foto: Techrepublic)
Tim Oxford berhasil membuat peningkatan performa yang signifikan dalam LipNet, hingga tingkat akurasi sebesar 93,4 persen. Angka ini disebut jauh lebih tinggi dari tingkat akurasi manusia karena seorang ahli pembaca bibir pun hanya dapat memiliki tingkat akurasi 50 persen.
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Robot Kalahkan Manusia! Google DeepMind Baca Gerak Bibir Lebih Akurat"

Post a Comment