Cara Mengetahui Aplikasi Android Mana yang Mencuri Data Pribadi Kamu

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

Sosialtech.blogspot.co.id -- Pencurian data  aplikasi sosial media? Jaka rasa banyak yang menggunakan sosial media. Sadarkah bahwa banyak aplikasi yang membutuhkan akses ke buku telepon, lokasi, internet dan data-data di sosial media kamu? Yang semua itu memiliki potensi mengancam keamanan hidup kamu jika diberikan izin.
merupakan salah satu kejahatan yang paling ditakutkan akhir-akhir ini. Siapa di sini yang tidak menggunakan smartphone dan menginstal
Mencuri data yang dimaksud adalah mengumpulkan informasi tentang kamu lewat semua data yang ada di smartphone kamu. Menyeramkan bukan jika ternyata data di Facebook dan aplikasi sosial media lainnya digunakan memantau lokasi kamu? Nah, kali ini Jaka akan memberikan tips untuk mengetahui aplikasi apa saja yang mencuri data kamu.

Cara Mengetahui Aplikasi Mana Yang Mencuri Data Kamu

Cara mengetahui aplikasi yang mencuri data kamu
Untuk mengetahui aplikasi mana saja yang mengakses dan mengumpulkan informasi dari smartphone kamu, kini ada sebuah aplikasi gratis bernama MyPermissions - Privacy Shield. Sesuai namanya, aplikasi ini berhubungan dengan izin akses yang kamu berikan kepada suatu aplikasi. Sehingga akan membuat privasi kamu lebih terlindungi dari aplikasi yang berusaha mencuri dan mengumpulkan data di Android kamu.
Bagaimana cara MyPermissions - Privacy Shield bekerja? Dan apa saja yang ditawarkannya?

Pindai Aplikasi di Smartphone Kamu Dalam 2 Menit

Cara mengetahui aplikasi yang mencuri data kamu 2
Dengan menggunakan aplikasi MyPermissions, kamu bisa memantau aplikasi mana saja yang mengakses data pribadi kamu dengan mudah. Selesai diinstal, aplikasi ini akan secara otomatis memindai perangkat Android kamu. Selanjutnya, kamu akan melihat aplikasi apa saja yang mengakses lokasi, inbox, dan buku telepon, mengatas namakan kamu, mengakses info pribadi, dan juga mengakses file serta gambar di smartphone kamu.

Pindai Aplikasi Yang Membutuhkan Izin Aplikasi

Jika kamu aktif menggunakan Google, Facebook, Twitter, InstagramYahoo, Dropbox, Foursquare, dan Flickr, kamu pasti pernah memberikan izin suatu situs atau layanan aplikasi lain untuk menggunakan data yang ada pada layanan sosial media tersebut. Misalnya kamu pernah log in aplikasi Smulemenggunakan akun Gmail atau Facebook, maka kamu secara langsung telah mengizinkan Smule untuk mengakses semua data yang ada di Facebook atau Gmail milikmu.
Cara mengetahui aplikasi yang mencuri data kamu 3
Nah, dengan menggunakan MyPermissions, kamu bisa kembali melihat layanan atau situs apa saja yang pernah kamu berikan izin untuk mengakses data-data kamu. Karena bisa saja kamu sudah tidak menggunakan layanannya, tapi mereka masih mencuri data kamu kan? Apalagi jika ternyata aplikasi tersebut dinyatakan berbahaya.
Cara mengetahui aplikasi yang mencuri data kamu 4

Lebih Mudah Mencabut Izin Aplikasi

Jika ternyata kamu menemukan aplikasi yang mengancam untuk mencuri data pribadi kamu, kamu bisa mencabut izin aplikasi tersebut dengan memilih tombol Revoke. Tapi jika ternyata kamu mempercayai aplikasi atau layanan tersebut untuk mengakses data di smartphone kamu, maka kamu bisa memberikan akses dengan menekan tombol Trust.
Cara mengetahui aplikasi yang mencuri data kamu 5
Nantinya, jika ternyata ditemukan aplikasi yang aktif mengumpulkan data pribadi dari smartphone kamu, MyPermissions akan memberitahukan kamu. Kamu bisa mengatur waktunya apakah harian, mingguan, atau bulanan. Dengan begitu, kamu bisa terus memantau dan mengamankan data yang ada di smartphone kamu.
Cara mengetahui aplikasi yang mencuri data kamu 6
Mudah, bukan? Selamat mencoba ya. Dan jika kamu punya cara atau aplikasi lain yang bisa digunakan untuk memantau aplikasi mana saja yang mencuri data kamu, share di kolom komentar ya!
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Cara Mengetahui Aplikasi Android Mana yang Mencuri Data Pribadi Kamu"

Post a Comment